Jumat, 13 Juli 2007

PUASA SUNNAH dalam SETAHUN

Gak terasa nie... bulan Juli dah mo berakhir, dan ternyata tahun ini bulan Ramadhan jatuh pada pertengahan bulan September lho... brarti tinggal 2 bulan lagi. Hayoooo... yang pada punya hutang puasa di tahun lalu dah pada dibayar blom??? kalo' blom... buruan gih... dah mepet nie...
(hhhhmmm... Ofa kmaren punya utang brapa yach???? )
Sambil mengingat hutang puasa yang blom terbayar, yuuukkk...liat... ada puasa sunnah apa aja sich selain puasa wajib di bulan Ramadhan???
Puasa yang dianjurkan oleh Rasulullah Saw. di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Puasa enam hari pada bulan Syawwal.

Rasulullah saw. bersabda, Siapa yang berpuasa Ramadhan, lalu diikuti dengan puasa enam hari pada bulan Syawwal, seolah-olah ia berpuasa setahun penuh. (HR Muslim, al-Tirmidzi, Abu dawud, dll).

2. Puasa Nabi Daud.

Nabi saw. bersabda, Shalat yang paling Allah sukai adalah Shalat Daud. Dan puasa yang paling Allah sukai adalah puasa Daud. Ia tidur setengah malam, bangun pada sepertiganya, dan tidur pada seperenamnya. Lalu, ia berpuasa satu hari dan berbuka satu hari. (HR al-Bukhr).

3. Puasa Hari Asyura dan Tasua (10 dan 9 Muharram).

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa suatu ketika Rasulullah saw. ditanya, Shalat apa yang paling baik sesudah salat wajib? beliau menjawab, Shalat di tengah malam. Lalu beliau ditanya, Puasa apa yang paling baik sesudah Ramadhan? beliau menjawab, Bulan Allah yang kalian sebut dengan Muharram. (HR Ahmad, Muslim, dan Abu Daud).
Abu Musa al-Asyari berkata, Hari asyura sangat diagungkan oleh Yahudi dan mereka menjadikannya sebagai hari raya. Maka, Rasulullah saw. bersabda, Berpuasalah kalian pada hari tersebut. (Muttafaq alaih).
Dalam riwayat lain rasulullah saw. bersabda, Jika aku masih hdiup hingga tahun depan, aku akan berpuasa hari kesembilannya (pula). (HR Ahmad dan Muslim).

4. Puasa hari Arafah (9 Dzul hijjjah) bagi yang tidak menunaikan haji.

Nabi saw. bersabda, Puasa hari Arafah bisa menghapus dosa selama dua tahun, tahun lalu dan tahun yang akan datang. Sementara, puasa hari Asyura menghapus doosa tahun yang lewat. (HR al-Jamaah kecuali Bukhari dan al-Tirmidzi).

5. Puasa pada bulan Syaban

Usamah bin Zaid berkata, Wahai Rasulullah, aku tidak pernah melihatmu berpuasa pada satu bulan seperti pada bulan Syaban. Beliau menjawab, Ia adalah bulan yang banyak dilalaikan oleh manusia. yaitu antara Rajab dan Ramadhan. Ia adalah bulan saat amal diangkat menuju Tuhan, karena itu, aku ingin amalku diangkat dalam keadaan aku berpuasa. (HR Abu Daud dan al-Nasai).

6. Berpuasa pada bulan-bulan haram (Dzulqadah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab).

7. Puasa tiga hari pada setiap bulan qamariyah (13,14,15).

Abu Dzarr al-Ghifari berkata, Rasulullah saw. memerintahkan kami untuk berpuasa dalam sebulan tiga kali: yaitu tanggal 13, 14, 15. Menurut beliau, ia seperti puasa setahun. (HR al-Nasai).

8. Puasa Senin Kamis

Nabi saw. biasa melakukan puasa pada hari senin dan kamis. Maka, beliau ditanya tentang hal itu. Beliau menjawab, Amal hamba dihamparkan pada hari senin dan kamis. Aku ingin amalku dihamparkan sementara aku dalam kondisi puasa. (HR Abu Daud).


Posted by @ Bunda Ofa - forward email 2007

2 komentar:

deenda mengatakan...

pertamaxxx :P

moga2 aku biasa ikutan puasa dengan tenang gag kepotong2 secara penyakitan hiksss...

primaningrum mengatakan...

wah kalo dah masuk bulan puasa... yang selalu aku kangenin adalah pasar wadai... enak-enak kue-nya trus macem-macem jadi semua pengen dibeli. kangen!! duh kapan ya bisa ke samarinda lagi... ada yang mau bayarin ongkosnya gak ya? xixixixi...