Sabtu, 04 Agustus 2007

**~ MARI BERBAGI ~**

Beberapa minggu yang lalu, Ofa mendapat forward email dari seorang sahabat. Pada akhir kalimat email tsb dikatakan :

Jadilah seorang sahabat dan bagikan artikel ini dengan sebanyak mungkin ke temanmu, kau bisa saja menyelamatkan nyawa mereka
Bahkan konon dengan berbagi informasi ini kepada minimal 10 orang, setidaknya kemungkinan satu nyawa bisa kita selamatkan... Amien.... :)
Yuuukkk.... kita simak sama2, semoga bisa bermanfaat bagi semua...
GEJALA STROKE


Alkisah....

Sewaktu pesta barbeque, seorang teman terjatuh. Dia meyakinkan semua orang yang datang kalau dia tidak apa-apa dan katanya hanya tersandung batu bata karena sepatu barunya (padahal mereka menawarkan memanggil paramedik).

Mereka membantunya membersihkan diri dan mengambilkan piring makanan baru. Meskipun terlihat sedikit terguncang, Ingrid meneruskan menikmati sore itu.

Malamnya, suami Ingrid menelpon memberitahukan semua orang bahwa istrinya telah dibawa ke rumah sakit - (pukul 6 sore besoknya, Ingrid meninggal).

Dia mendapat serangan stroke pada pesta barbeque. Kalau saja mereka tahu bagaimana mengenali tanda-tanda stroke mungkin Ingrid masih bersama kita hari ini. Hanya membutuhkan satu menit untuk membaca ini.

Seorang ahli syaraf mengatakan bahwa kalau dia bisa menolong seorang korban stroke dalam waktu 3 jam sejak serangan tersebut, dia bisa membalikkan pengaruh stroke....secara total! Dia mengatakan bahwa triknya adalah mengenali dan mendiagnosa stroke dalam waktu 3 jam sejak serangan, yang sebenarnya merupakan hal yang sulit.


MENGENALI STROKE


Puji syukur kepada yang Maha Pencipta atas indera yang dapat mengingat TIGA hal berikut.

Baca dan pelajarilah!

Kadang-kadang gejala stroke sulit dikenali. Sayangnya, kurangnya kewaspadaan dapat mendatangkan bencana. Korban stroke dapat menderita kerusakan otak sewaktu orang-orang yang ada disekitarnya pada saat kejadian, gagal mengenali gejala-gejala stroke.

Sekarang banyak dokter mengatakan bahwa orang di sekitar korban dapat mengenali gejala stroke dengan menanyakan tiga pertanyaan sederhana ini:

1. Minta orang tersebut untuk TERSENYUM.

2. Minta orang tersebut untuk MENGANGKAT KEDUA TANGANNYA.

3. Minta orang tersebut untuk MENGUCAPKAN SEBUAH KALIMAT SEDERHANA
(yang masuk akal), contoh: "Hari ini cerah." Bla bla bla... .

Bila orang tersebut tidak bisa melakukan apa yang kita minta diatas atau salah satunya segera bawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan pertama selanjutnya.

Posted by @ Bunda Ofa - forward email 2007

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Nambah ilmu neh tentang stroke. yang penting selagi kita muda bener2 deh dijaga makanannya ngga asal masuk aja, biar dimasa tua nanti tetep sehat yaa...amin...

Rahmat Aini Yudidharma mengatakan...

Oo..ternyata begitu ya, bunda. semoga di saya tetap bisa menjawab semua pertanyaan itu di masa mendatang dengan baik. Takut gitu loh kalo kena stroke.

By the way, anyway, busway...

Saya pernah loh dikasih tiga pertanyaan itu sama persis oleh teman saya. Setelah kuturuti semuanya dengan benar, eh...dia malah bilang "Asik..aku punya robot baru."

administrator mengatakan...

Thx postingannya bunda. bermanfaat banget. Tapi Insyaallah mudah mudahan gak bakal kejadian samaku atau keluargaku, dan bunda n family juga.

Sinopi mengatakan...

tau ga yg slintas di pikiran ku abis baca postingan yg inih...

1. cengengesan
2. lambai in tangan
3. bilang : hey jek, mo kmane lu?

saye jgn dimarahin yeh Bun, emang dasar udah bocor alus niy *tapi keliling*